Thursday, July 17, 2014

250 Guru Pelatihan TIK Program Sagusala

Program Sagusala (Satu Guru Satu Laptop) bertujuan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas melalui upaya setiap guru memiliki satu laptop dengan harapan dapat menghasilkan media belajar inovatif (konten pendidikan), berkolaborasi dengan guru di seluruh dunia dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Guna mendukung program tersebut yang diluncurkan Telkom bekerjasama IGI Jember dan NoteBook Acer, dilangsungkan beberapa kegiatan di Telkom Area Jember.
Salah satu kegiatannya adalah mengundang 250 guru dari sekolah-sekolah di wilayah Jember untuk mengikuti pelatihan internet. Seperti yang dilakukan di Aula Lebah Biru lantai 8 Gedung Gajah Mada, Senin (18/7), yang direncanakan berlangsung selama tiga hari.
Saat menyampaikan sambutannnya, MGR CS Area Jember, Heroe Soebijantoro berharap, pelatihan yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi seluruh guru yang sudah bersertifikasi. "Kini sistem pembelajaran telah berubah, layanan pendidikan dilakukan dengan teknologi baru, belajar sudah tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu, belajar dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja dan guru dapat menentukan dan memilih sendiri apa yang diinginkan dan diperlukan. Sagusala melengkapi setiap laptop guru dengan akses internet berbasis mobile dan PSTN (telepon rumah). Perangkat ini mendukung tujuan agar guru memanfaatkan internet secara maksimal," paparnya.


Lebih lanjut Heroe mengatakan bahwa selain dapat menikmati bahan-bahan pembelajaran digital yang tersedia, para guru diharapkan mampu membuat sendiri bahan belajar digital dengan mencontoh bahan yang sudah terpasang pada laptop ataupun berkreasi sendiri. Oleh karena itu, Sagusala juga akan menyediakan pelatihan-pelatihan media multimedia. Pelatihan akan dibimbing oleh guru-guru yang telah mahir membuat bahan belajar digital, di samping itu Telkom juga membuka kesempatan bagi guru untuk mendalami internet dengan memanfaatkan BLC di lantai 1.
Masih dalam kesempatan yang sama, Heroe juga menyampaikan produk Telkom Speedy-Flash, dimana para pelanggan sudah dapat menikmati Speedy-Flash yang bisa didapat di Plasa Telkom terdekat. Selain itu juga disampaikan bahwa Telkom memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk akses internet secara mobile. "Telkom sudah menyiapkan sarananya yaituhotspot yang terpasang di setiap tempat keramaian, sekolah-sekolah, café, maupun kampus perguruan tinggi, yang tentunya fasilitas tersebut diperuntukkan bagi pelanggan yang sudah berlangganan Speedy di rumah. Dengan memakai username dan password Speedy di rumah, pelanggan bisa memanfaatkan hotspot tersebut," ucapnya. 
Selain diberi materi pelatihan mengenai arsitektur dan komponen notebook serta penggunaan perangkat notebook, para guru juga diberikan pelatihan cara mengakses wifi dan cara membuat email. Materi tersebut disampaikan oleh Hadrawi dan Ika Nugrahanti dari Team Sales Event dengan menyosialisasikan Speedy beserta manfaat dan cara berlangganan

No comments:

Post a Comment